Rabu, 10 Desember 2014

Pengalaman Wawancara Visa Amerika (1)

Seperti yang telah saya sebutkan di post sebelumnya, saya berencana mengikuti konferensi dan simulasi sidang PBB terbesar di dunia, Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2015 Februari mendatang. Berbagai persiapan telah kami (saya dan tim) lakukan, dan Hari H semakin mendekat hingga akhirnya tibalah waktu kami untuk apply visa Amerika.Saya akan mencoba menceritakan kepada anda tentang pengalaman saya mengajukan aplikasi Visa Amerika.

But first of all, the main question everyone would ask is : How to apply for US Visa? Bagaimana caranya? Saya sendiri dibantu oleh teman satu tim Brawijaya for HNMUN yang berbaik hati.Jadi bisa dikatakan saya hanya menyerahkan data-data saja. Prinsipnya, pertama anda harus mengisi data-data aplikasi online yang disebut DS-160 di web konsulat Amerika. Untuk mengajukan aplikasi visa non-imigran seperti saya, silahkan klik di https://ceac.state.gov/genniv/ dan untuk informasi lebih lengkap pengajuan visa Amerika, anda bisa klik di web berbahasa Indonesia ini.

Setelah aplikasi online anda selesai, selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Prosedurnya yaitu :
1. Klik di sini untuk mengetahui berapa yang harus anda bayar disesuaikan dengan kurs rupiah. Print Slip Deposit tersebut. Sebagai informasi, ketika itu saya harus membayar 160 USD yang setara dengan Rp 2.000.000.
2.Bawa Slip Deposit, Uang, Fotokopi Passport ke Bank Permata dan serahkan kepada Teller Bank.
3. Minta tanda bukti pembayaran


DS-160 Confirmation Letter

Sesudah membayar, anda akan diminta untuk memasukkan bukti pembayaran tersebut secara online. Lalu anda dapat mengatur jadwal wawancara sesuai yang anda inginkan dan Print Appointment Confirmation Letter. Di surat tersebut disebutkan identitas, jadwal, dan tempat wawancara. Saya sendiri termasuk 'dadakan' karena saya memutuskan jadwal wawancara saya H-1 dengan alasan akademik.

Appointment Confirmation Letter

Apa saja yang harus dibawa ketika wawancara di Konsulat Amerika? Saya mengajukan aplikasi Visa B1/B2 (Business/tourism) dan kepergian saya dalam rangka menghadiri konferensi. Maka yang wajib dibawa adalah :
1. Appointment Confirmation Letter
2. DS-160 Confirmation Letter
3. Paspor berlaku dan semua paspor lama
4. Foto 5x5cm berwarna 1 lembar,sesuai DS-160
5. Invitation Letter
6. Slip bukti pembayaran visa
7. KTP Asli
8. Dokumen pendukung lain (Surat Keterangan dari Instansi/Kampus, KTM Asli, KK Asli, Itinerary)

Apabila dokumen-dokumen tersebut sudah siap, maka anda siap datang untuk wawancara! :)

1 komentar:

  1. Banyak pemohon Visa Amerika, ketakutan sebelum mengajukan, ada baiknya membaca artikel pengalaman dan pengetahuan, seputar Visa Amerika, seperti Artikel ini yang sangat bermanfaat bagi calon pemohon, untuk informasi lebih banyak sebagai pengetahuan, silahkan kunjungi juga blog UVC
    http://www.usvisaconsultan.blogspot.com
    semoga bermanfaat
    salam
    Harry Salim

    BalasHapus